Minggu, 06 Januari 2013

cara pembuatan kompos dengan EM4

Sampah basah bisa diolah menjadi kompos dengan menggunakan EM4. Penggunaan EM4 ini akan mempercepat proses pengomposan karena didalamnya mengandung mikroba. Proses pengomposan terbantu dengan adanya mikroba tersebut. Dan anda bisa mendapatkan EM4 di toko pertanian atau toko kimia.

Pengomposan dengan EM4 sangat baik dilakukan di lahan sempit, terutama di perkotaan. Dimana sangat susah untuk mendapatkan lahan terbuka di perkotaan. Cukup dengan menggunakan tong plastik sudah cukup untuk mengolah sampah dapur harian di sebuah rumah tangga. Dan prosesnya cukup cepat antara 1-2 minggu sudah bisa digunakan sebagai pupuk.

Membuat kompos dengan EM4 ini akan membantu mengurangi timbunan sampah yang mulai tidak terkontrol di perkotaan. Atau mengurangi kebiasaan masyarakat membakar sampah. Dan pembuatan kompos ini lebih efektif daripada membakar sampah tersebut.

Pemanfaatan sampah menjadi kompos akan bisa menghemat banyak sumber daya. Sumber daya yang selama ini hanya digunakan untuk membuat lingkungan bersih. Sudah saatnya sumber daya itu dirubah sehingga menghasilkan nilai tambah.

Sampah ketika berubah menjadi kompos akan memiliki nilai tambah. Jauh lebih berharga daripada sampah berubah menjadi abu yang tidak ada nilainya. Malah lebih memboroskan energi ketika membakar sampah menjadi abu.

Kalau kita hitung berapa ongkos energi yang bisa dihemat. Dan bisa digunakan untuk pelestarian alam. Ongkos energi tersebut bisa digunakan untuk hal lain daripada hanya menghaslkan abu saja. Maka pengolahan sampah menjadi kompos dengan menggunakan EM4 akan mempercepat proses pengolahan sampah, yang produksinya sudah mulai tidak terkendali.

Berikut cara membuat kompos dengan EM4:

A. Menyiapkan tempat pembuatan kompos.

Siapkan tong plastik yang bisa anda beli di tempat loak. Siapkan pula pipa yang berguna sebagai saluran udara untuk oksigenasi proses pemgomposan nantinya. Juga bisa untuk menghindarkan adanya bau selama proses pengomposan.

Anda bisa melakukan modifikasi pada tong plastik tersebut. Caranya dengan membuat lubang atau jendela di bagian bawahnya. Sehingga saat kompos sudah jadi, tinggal mengambil lewat bagian bawahnya. Jadi proses pengomposannya bisa berkelanjutan.

B. Memperbanyak larutan EM4.

Oplos larutan EM4 yang sudah dibeli di toko pertanian. Caranya masukan 20 ml larutan EM4 + 10 gr gula pasir +  air bersih 1000 ml di dalam jerigen. Kocok dan fermentasikan atau peram selama 24 jam.

Proses memperbanyak larutan EM4 tidak berpengaruh pada hasil kompos nantinya. Hanya anda akan bisa menghemat biaya membeli EM4 tersebut.

C. Mengolah sampah basah dan kering.

Sampah dapur dipotong kecil-kecil, kemudian masukan ke dalam tong plastik. Campur dengan daun kering dengan perbandingan 1:1. Lalu aduk dan tambahkan larutan EM4 yang sudah dioplos tadi. 

D. Proses pengomposan.

Anda bisa tambahkan setiap sampah dapur diatasnya, lalu aduk setiap tiga hari untuk memasukan oksigen dan menurunkan panas yang timbul karena proses pengomposan tadi. 

Pengomposan telah selesai jika campuran tadi sudah berwarna kehitaman dan tidak berbau. Maka saat itu bisa anda gunakan untuk pupuk tanaman di rumah anda.

Membuat kompos dengan EM4 ini lebih cepat dari cara biasanya. Dan ini sangat membantu dalam pengolahan limbah rumah tangga yang makin hari makin menggunung ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar